Keraton Yogyakarta, Wisata Tengah Kota Berbudaya

Yogyakarta, tenang dan bersejarah. Pantas sekali rasanya memberikan kesan yang baik untuk hubungan kita. Kehaluan berlanjut di pagi ini. Salahkan saja suasananya yang memang memaksa aku segera ingin bertemu. Setelah menjajakiΒ Titik Nol Kilometer, aku melanjutkan perjalanan ke Keraton Yogyakarta.

Ini dia penampakannya dan welcome to Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Istana resmi kesultanan yang hingga saat ini masih berfungsi dengan baik.

Berdiri megah di tengah kota, keraton yang bernama Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini menjadi ikon budaya dari kota yang memang sampai saat ini masih kuat akan budaya setempat. Budaya yang masih kuat itu tumbuh pada setiap jiwa masyakarat dan memberikan ruh tersediri dalam jiwa Yogyakarta. Keramahan yang mereka tawarkan membuat aku merasa berada di surga. Ini bukan lebay guys, aku yang pada dasarnya susah banget di kasarin, nah nyampe di kota gudeg ini aku merasa aku bagaikan ratu. Semua yang aku tanya merespon dengan baik dan lembut. Percaya ga? Kalo ga percaya ya, mungkin kamu sudah biasa di lembutin, hahaha

Sebelum bercerita lebih lanjut, kamu masih ingat dong kalo ini perjalanan acak kawur aku ke kota ini. Jadi bisa di bayangkan aku bahkan belum riset lokasi mana saja yang harus aku datangi. Perjalanan ini masih saja perjalanan impian kok, meski di sela-sela perjalanan seperti di kereta atau mungkin lagi di toilet aku malah sibuk browsing sana-sini. Kamu harus baca ya nanti kisah lainnya.

Untuk sampai ke keraton ini, aku jalan kaki dari destinasi Taman Sari yang katanya tidak jauh dari Keraton Yogyakarta. Hemat kita, mending motornya di parkir saja. Kita jalan kaki, biar ada romantis-romantisnya gitu. Perjalanan yang ditempuh juga tidak jauh, hanya 10 menit dengan langkah santai. Alternatif lain kamu bisa naik becak kayuh yang yang lalu lalang di sekitar lokasi. Keraton Yogyakarta yang berada Jalan Rotowijayan, Panembahan ini sangat strategis. Bisa kamu akses dari arah mana saja dan mudah di jangkau.

Apalagi hingga saat ini, Keraton Ngayokyakarta bisa di kunjungi oleh siapa saja, meski masih di gunakan sebagai tempat tinggal bagi sultan yang tengah memangku jabatan Kesultanan. Tentunya semua kalangan akan sangat familiar jika mendengar ada yang ingin berkunjung ke lokasi ini.

Sesampainya di lokasi ini, aku benar-benar disambut dengan suasana yang adem dan tenang.

Hal-Hal yang bisa kamu lakukan ketika berada di Keraton Ngayogyakarta

Jika kamu berkunjung ke keraton yogyakarta maka berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan ketika berada disana.

  • Nonton Pertunjukan Seni

Keraton ini memiliki sebuah pendopo besar yang disebut Bangsal Sri Manganti. Dimana stiap hari nya tempat ini menjadi lokasi pertunjukan seni yang dapat kamu tonton secara gratis. Pertunjukan akan dimulai sekitar pukul 9 Pagi dengan bermacam-macam jenis pertunjukan yang akan berganti setiap harinya. Nah kamu udah bisa bayangin kalo datang kesini, kamu bakal terhanyut dengan musik gamelan yang dimainkan atau karena pertunjukan wayang golek yang apik.

  • Tour de Museum

Mengingat tempat ini merupakan rumahΒ  keluarga kesultanan, maka dalam kompleks ini banyak sekali terdapat ruang penyimpanan. Baik itu benda-benda bersejarah ataupun hadiah dari para kerabat. Nah benda-benda ini dapat kamu lihat dengan cara memasuki satu persatu ruang yang ada. Gimana ? Kuatkan?

  • Ngobrol lebih dekat dengan abdi Dalem

Pada dasarnya pengunjung yang datang kemungkinan adalah tipe seperti aku. Butuh banyak tahu agar lebih paham tempat ini. Nah kamu bisa ngobrol lebih dekat dengan para abdi dalem kesultanan. Para abdi dalem pun dengan senang hati untuk kamu dekati.

  • Pergelaran Upacara Adat

Berbagai ritual di Keraton Yogyakarta masih selalu digelar, mengingat lokasi ini adalah tumpuan dari budaya Jawa. Nah bagi kamu yang berkunjung kesini, kamu akan sangat tertarik menyaksikan acara adat yang ada disini. Eh tak hanya menyaksikan, dengar-dengar kamu juga bisa ikut serta tapi sayangnya kala itu aku belum bisa untuk mengikuti apapun. Yash laaah!!!

Sekedar info buat kamu, tiket masuk ke keraton ini juga sangat terjangkau. Rp 5000 untuk wisatawan lokal dan Rp 15000 untuk wisatawan asing. Waktu berkunjung senin hingga minggu dimulai pukul 9 Pagi.

Selamat berkunjung ya guys,

Salam hangat untuk cintamu.

78 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: