Tips Bisnis Futri Zulya, Sederhana dan Jitu. Ini dia!!!

Lahir dari keluarga suku Minangkabau sebenarnya sedikit menyiksa aku. Jiwa dagang harusnya mengalir di darahku, tapi aku merasa tak bisa sama sekali berdagang. Mencoba menjadi otak sebuah bisnis pun begitu. Agak rasis ya tapi sejauh aku melangkah aku mulai mengubah cara fikirku. Untuk berbisnis itu juga butuh beberapa hal yang harus kamu fokuskan. Ini alasan aku tertarik datang ke Seminar dengan tema “How to Start Your Bussines” di daerah Kemang, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu. Disini aku menemukan Tips Bisnis Futri Zulya yang sederhana namun jitu sekali. Stay tune ya

 

Sekilas Tentang Futri Zulya

Sebut-sebut nama Futri Hulya, aku ingin sekali mengenalkan wanita cantik ini. Tak hanya paras, pembawaan yang menawan dan cari bicara yang baik sangat memikat hati. Ini penilaian awal yang aku lihat saat ia melangkahkan kaki menuju kursi pemateri. Duduk berdampingan dengan Moderator sekaligus Founder dari Indonesian Social Blogpreneur, Teh Ani Berta.

Futri Zulya S.Mn, M.Bus adalah pendiri dari Kids Republik, CEO dan Founder PT Batin Medika Indonesia yang memiliki beberapa platform berbasis online. ZGlow, ZBeauty berbasis aplikasi dan ZSkincare yang akan di lauching tidak lama lagi. Beliau juga mendirikan ZAcademy yang merupakan pusat pelatihan untuk talent yang akan bekerja pada perusahaannya dan dimatangkan untuk siap terjun ke lapangan.

Sukses di dunia bisnis namun hakikatnya, Mbak Futri jugalah seorang ibu yang juga harus berbagi waktu dengan keluarga. Tetap harus mengawasai perkembangan anak dan tetap juga harus menjaga komunikasi yang baik bersama suami. Oleh karena itu baginya perlulah mengatur bisnis dan karir sebaik mungkin. Sulit namun bisa, karena sejatinya seperti Mbak Futri bilang, perempuan tak hanya pantas di panggil MOM, namun ada artinya yaitu Master Of Multitasking.

Bahagia sekali rasanya berada pada kesempatan ini, saya akan mendapatkan tips bisnis Futri Hulya yang jika dibaca sederhana namun jitu. Pada dasarnya Mbak Futri berbagi apa saja poin penting yang harus jadi fokus memulai sebuah bisnis.

Tips Memulai Bisnis Fitri Zulya…

Sebelum memaparkan poin penting dari Mbak Futri maaf ya kalau aku akan banyak menggunakan kata, aku belum melakukan ini nih gengs. Pada dasarnya banyak bisnis kecil-kecilan yang aku mulai namun kandas begitu saja. Ya, jelas ketika berada di event ini aku otomatis koreksi diri sendiri. Apa sih kesalah-kesalahan aku dalam berbisnis? Oke mari kita perhatikan poin-poin ini.

What’s Ur Passion

Apa sih passion kamu? Saat memulai bisni aku hanya terpaku pada pasar. Ketika sedang berkuliah, kebutuhan dari anak-anak kuliah yang sifatnya dadakan adalah pulsa, token, data internet. Aku saat itu memulai bisnis dengan berjualan ini. Tidak hanya itu, anak-anak yang tengah berada pada masa remaja dan aku perempuan tentunya akan tertarik sekali dengan baju yang harus diganti setiap ke kampus, atau mau ketemu gebetan. Atau ada yang mau ganti tas setiap hari, atau mau ganti sepatu setiap hari. Atau lagi remaja akan mulai tertarik dengan lipstik apa yang bagus, bedak apa yang bikin kita terlihat flawless? Parfum apa yang bikin gebetan terkesan.

Saat itu aku juga memilih terjun pada bisnis jadi yang menjual produk yang bisa dilihat bentuknya melalui katalog. Tapi kembali kepada passion. Aku adalah pribadi yang simple untuk masalah pulsa, token, ataupun data internet. Terbiasa menyiapkan per bulan. Jadi ketika teman aku membutuhkan, jiwa sebagai pelayan kebutuhan pelanngan itu masih sangat kurang. Begitu juga dengan baju, sepatu dan tas ataupun makeup. Aku saja bukan anak yang senang berdandan, karena pada dasarnya anaknya cuek dengan penampilan. Jadilah aku hanya akan jadi orang tidak tahu apa-apa saat teman-temanku butuh pendapat apa barang yang akan ia beli. Sudah pasti aku gagal dong jadi anak yang asyik buat mereka ajak cerita.

Support System

Pastikan kamu dapat support atas apa yang kamu inginkan. Mbak Futri sendiri pada perjalanannya sangat di support oleh keluarga. Ini tentu akan sedikit memudahkan proses ia bisa melakukan kegiatannya dengan baik. Sebagai istri, ia mendapat support dari suami untuk kegiatan yang ia lakukan. Sebagai Ibu, Mbak Futri terbantu sekali dengan adanya pengasuh untuk anak-anaknya yang membantu ia bisa menemani sang anak dalam kegiatannya. Jadi Mbak Futri diringankan dengan hanya akan mengawasi saja. Saat aku memulai bisnis ini, jujur aku juga di support penuh oleh bunda. Hanya saja, karena jauh dari orangtua aku kurang punya teman untuk bisa mengoreksi kurang lebihnya aku dalam berbisnis. Mungkin yaa, apa ini alasan aku saja? hehe

Bussines Planning and Do Research

Buatlah rencana yang matang dan lakukan riset untuk beberapa hal seperti siapa target pasarmu? Gender dan Usia? Lalu siapakah pesaingmu? Kemudian cari tau bagaimana cara memasarkan produk? Mau ditawarkan melalui online apa offline? Kalo Mbak Futri punya kekuatan pada bisnis Online dulu awalnya dan tidak melupakan pemasaran Offline. Pada dasarnya jaman sekarang pemasaran online itu sangat dibutuhkan. Namun lambat laun bisnis Mbak Futri berkembang hingga kahirnya melakukan pemasaran dengan Online dan Offline.

Kemudian kamu juga harus pintar mengatur keuangan dari bisnis kamu. Pintarlah mencari modal dan pisahkan antara keuangan pribadi dan keuangan bisnis. Ini yang menjadi peer terbesar aku. Aku menyiapkan modal tapi tak menyisahkan antara uang bisnis dan uang pribadi. Ini sangat mempengaruhi bisnis. Kita tidak akan tau sejauh mana usaha kita berkembang, sehingga kita tidak bisa melakukan evaluasi.

Execute

Lalu, jika kamu sudah paham usaha apa yang ingin kamu tekuni dan sesuai dengan passion kamu. Lalu mengerti akan pasar dan cara pemasaran. Kelola keuangan kemudian mulailah. Karena ide dan rencana sematang apapun itu, jika tak kamu mulai maka tidak akan menjadi apapun.

 

Tips ini sangat membantu memulai bisnis. Terimakasih Untuk Teh Ani da Komunitas ISB atas kesempatannya hadir di Event ini. Terimakasih untuk Mbak Futri atas Ilmunya. Semoga berkah untuk aku dan pembaca. 

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: