• Untung Jawa In My Memory

    Setiap perjalanan hanya tentang bagaimana cara menikmati dan menjalaninya.  Kalimat ini sempat aku tuliskan di akun instagram pribadi (@elsamartinalova) siang itu. Sebenarnya memang tentang perjalanan kali ini. Siang hari sebelumnya aku tengah menuju lokasi yang telah dipilih jadi tempat Kopi Darat bulanan komunitas “situkang jalan” kali ini. Pulau Untung Jawa, salah satu pulau kecil yang berada di Kepulauan seribu ini tengah menarik hati. Aku mulai bingung, menarik hati apa memang low budget yaaa?? haha Harga yang terjangkau ditanggal yang mulai menua itu memang jadi alasan yang pasti. Aku dan teman-teman membuat janji temu di stasiun commuterline tanah tinggi tepat pada pukul 14.00 WIB. Setelah sampai di meeting  point ini kami lanjutkan…

  • [Kilas Balik] Anniversary RT 9 Backpacker Jakarta

    Tak harus menjadi oranglain untuk berada diantara kalian Setahun yang lalu hingga hari ini tetap sama, berada diantara orang dengan latar belakang yang berbeda dan cara fikir yang berbeda tak membuat kita tonjok-tonjokan atau jambak-jambakan kaaan? Lho lho Ah tapi benar, ini terbukti lho dengan beberapa diantara kita masih menyempatkan diri berada disini hari itu. Merayakan hari jadi Grup RT 9 ditahun ke 2 diisi dengan kegilaan yang tidak bisa digambarkan dengan kata-kata. Berangkat dari Sekretariat Backpacker Jakarta tepat di Jam 7 Pagi dengan semangat yang masih membara kita menuju ke Villa Pertiwi di daerah Cipanas, Bogor. Perjalanan yang lumayan menyenangkan dan gak bikin stress kok. Jalanan lancar jaya kayak…

  • Sangiang di Bulan Penuh Cinta

    Udah romantis belum judulnya? Ah yang jelas aku akan bercerita. Perjalanan singkat ku kali ini membenarkan kata bijak ini. “Indah itu tak hanya apa yang dilihat, namun juga apa yang dirasa.” Perjalanan yang dimulai dari kecerobohan aku. Siang ini dapat ajakan ngetrip  dari salah satu teman. Langsung bilang iya tanpa liat info daaaaaaan Welcome to trip pulau sangiang. Emang udah pengen kesini sejak lama sih tapi belum kesampaian. Kecerobohan ini aku sadari di hari kedua, mepo trip kali ini adalah Pelabuhan Anyer maaan, sekitar 2 jam dari tempat aku berdiam. Cerita punya cerita, aku yang punya cerita mulai bingung akan berangkat dengan cara apa. Ehem, aku sedikit konsisten dengan kata-kata.…

  • Kopdar Kubbu Februari

    Kopdar Klub Buku dan Blogger BPJ di bulan Februari lalu (masih) dilaksanakan di Perpustakaan Umum Daerah Jakarta Selatan. Selain memang tata tempat yang menarik dan juga bersih, perpustakaan ini bisa berada di posisi teratas perpustakaan terfavorit. Semoga sama yaaa,  Setelah sebelumnya belajar tentang blog dasar dengan sipemilik akun Hananan.com, sekarang mba Ani Berta berbicara bersama tentang Content Blog. Seru, beberapa point penting dapat kita peroleh dari kopdar kali ini. Jenis tulisan atau apa saja yang perlu kita tau sebelum menulis.  Harapanku masih saja sama, tak (lagi) malas memulai. Loh loh  Yang penting semangat dulu kan yaa??  Daan ini penting juga, SELFIE 🙊

  • Ingin kembali (lagi) ke Kanekes

    Jauh dari kata mewah, jangkauan teknologi, pengaruh luar daerah dan apa lagi ya? Yang pasti berbanding terbalik dengan kehidupan Jakarta, kota yang tengah ku tumpangi sekarang. Tempat  hidup, mencari nafkah dan bergaul dengan banyak manusia lainnya. Jika aku keluar pagi hari, jam 8 saja itu sudah macet. Lebih pagi lagi? Sudah banyak yang berkeliaran. Mungkin mereka yang memang akan berangkat bekerja atau pulang dari mencari nafkah. Iya, seperti itulah potret Jakarta. Pagi disini justru sepi, sunyi dan tenang. Ternyata di jam 8 pagi ini pun mereka tidak tidur. Namun sudah melangkah mencari nafkah. Ah jadi lupa, saat ini saya sedang berada di kaki pengunungan Kendeng di desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten…

  • Museum di Tengah Kebun Kemang Jakarta Selatan. Yuk Berkunjung

    Museum di Tengah Kebun adalah salah satu museum nan apik yang terletak di Kemang Jakarta Selatan. Museum ini sejatinya merupakan sebuah rumah sang pemilik yang di susun sedemikian rupa agar membuat pengunjung terkesan. Memang, tidak sedikit cara yang diupayakan oleh pecinta barang antik untuk mempublikasikan ratusan bahkan ribuan koleksi nya. Seperti hal nya bapak yang satu ini, Syarial Jalil yang sejak tahun 1979 sangat senang mengkoleksi barang antik. Berbagai patung, peralatan masak, meja bahkan benda sekecil apapun itu jika memiliki nilai sejarah mungkin akan ia cari. Tak hanya bersejarah siih, bagi pak syarial antik memiliki arti tersendiri kali yaa, jadi tak heran jika nanti kamu berkunjung bakal nemuin beberapa atribut…

  • Menuju Indonesia Menari 2016

    Cekrek 📷📷📷 Ukir di ukir, matanya di ukir. Coret sana coret sini, pipi cemang cemong, bajunyaa eh ini baju? Aku ga tau namanya. Tapi ini lah salah satu indahnya budaya dinegeri-ku Indonesia. Ini adalah salah satu baju dari Papua sanaa. Ah aku nunjuk kemana ya? Bingung, liat di peta aja ya.  Pagi ini lagi nimbrung di persiapan anak-anak tari salah satu komunitas backpacker ternama di jakarta.Galeri Indonesia Kaya, selalu menjadikan acara ini acara tahunan dengan tema yang berbeda. Diselenggarakan secara gratis membuat event ini banjir peserta.Ga salah siiih, hadiah bagi pemenang tidak main main, 150 juta rupiaah. Itu duit bisa buat apa yaa?? Buat apa ajaaa. Mereka hanya wajib membawakan…

  • Sawarna penuh duka atau luka?

    Sengaja menulis dengan title seperti ini biar semua moment itu berasa, hehe. Perjalanan ini telah berlalu sekitar beberapa bulan yang lalu, saat itu tanggal 14 Mei 2016. Bertujuan untuk merayakan ulang tahun salah satu komunitas si tukang jalan yang saat itu berumur 1 tahun. Saya dan teman-teman berangkat menuju salah satu destinasi wisata, yaitu Pantai Sawarna.  Nah sebagai orang awam di daerah ini, saya masih menerka nerka setiap jalan yang saya lewati, nama tempat yang sering saya dengar tapi belum saya kunjungi, nama tempat atau nama-nama lainnya yang masih asing di telinga saya. Kita mulai dari Pantai Sawarna. Benar kata tetua, malu bertanya sesat dijalan, takut ditertawakan yaa saya menerka…

  • Saya Melewatkan Ini 

    ​Tak hanya sebagai tugas menulis, tapi beberapa hal musti lah disampaikan disini. Sederhananya, yang tidak tahu akan menjadi tahu, tidak tempe. Ah serius, setidaknya beberapa orang bisa memahami ini.  Tulisan ini pengganti diri, semacam hukuman ketidak hadiran tapi seharusnya kerugian terbesar diri sendiri.  Lebay? Tidak juga.  3 September 2016 lalu saya tak berkesempatan untuk menghadiri Kopdar Klub Buku dan Blogger Backpacker Jakarta (Kubbu BPJ) yang memang diadakan rutin disetiap bulannya. Saya tidak bisa hadir karena sudah lebih dulu ambil trip BPJ ke Pulau Payung.  Tidak bisa komplain, semuanya tentang pilihan. Saat ini saya putuskan untuk memilih tetap nge-trip ke pulau payung mengingat saya sedang butuh refreshing, dan saya melewatkan kopdar…

  • Kue Tumbang, Camilan Singkong Khas Minangkabau

    Tumbang merupakan salah satu kue tradisional dari bahan dasar singkong yang khas dengan rasa manisnya dan legit saat disantap.  Ya, perut lapar kali ini bukannya membuat aku nyari makanan tapi malah mengobok-obok isi galery handphone. Aku menemukan kiriman foto yang terlihat biasa namun nyatanya menggugah selera jika kamu dapat mencobanya. Salah satu camilan khas dari ranah minangkabau ini dikenal dengan sebutan kue tumbang. Olahan singkong yang direbus, ditumbuk hingga pipih dan dibubuhi gula merah yang telah dicairkan diatasnya membuat kue tradisional ini manis dan legit. Parutan kelapa diatasnya ikut memberi sensasi yang khas bagi penikmatnya. Sayangnya, tak mudah untuk menemukan kue ini disekitar Kota Bukittingi yang merupakan Ikon nya ranah…