Museum di Tengah Kebun Kemang Jakarta Selatan. Yuk Berkunjung

Berada di Jalan Kemang Timur Raya No 66 Jakarta Selatan, letak dari musemu yang pantas dibilang unik ini tidak disadari oleh banyak orang. Diberi nama Museum di Tengah Kebun, konsepnya cocok sekali dengan namanya.

Museum di Tengah Kebun adalah salah satu museum nan apik yang terletak di Kemang Jakarta Selatan. Museum ini sejatinya merupakan sebuah rumah sang pemilik yang di susun sedemikian rupa agar membuat pengunjung terkesan. Memang, tidak sedikit cara yang diupayakan oleh pecinta barang antik untuk mempublikasikan ratusan bahkan ribuan koleksi nya. Seperti hal nya bapak yang satu ini, Syarial Jalil yang sejak tahun 1979 sangat senang mengkoleksi barang antik. Berbagai patung, peralatan masak, meja bahkan benda sekecil apapun itu jika memiliki nilai sejarah mungkin akan ia cari. Tak hanya bersejarah siih, bagi pak syarial antik memiliki arti tersendiri kali yaa, jadi tak heran jika nanti kamu berkunjung bakal nemuin beberapa atribut ataupun patung yang dapat ditemui di toko pernak pernik di beberapa daerah.

Berkunjung?

Yaaa mari kita berkunjung ke Museum Tengah Kebun. Rumah yang sangatlahย  nyaman ini, dijadikan sebagai tempat menampilkan beragam koleksi barang antik. Disebut Museum ditengah kebun karena tempat ini memang didesain seperti di tengah kebun.

Itu lorong pintu masuk nyaa, kamu pasti sudah merasa kagum kaan sampai disini. Ini bukan aawalnya sebenarnya, di depan pintu masuk lokasi ini hanya tertutup dengan pagar kayu panjang. Bagi yang tidak memperhatikan dengan seksama mungkin tak akan mengenali lokasi ini.

Dan ini, taman belakangnya.

Ada kolam renang jugaa,

Berasa di rumah kakek ga sih? yang kalo kita udah datang itu ga mau pulang lagi.

Disini, ada sekitar 4000 barang antik yang akan dipertontonkan bagi pengunjung. Semua? Tentu saja tidak. Barang yang telah disusun rapi pun akan di rooling sesuai tema ruangan ataupun moment moment tertentu. Yuk intip dulu beberapa koleksi yang saya ambil melalui kamera amatiran sayaa.

Kegemarannya ini pun membawa ia beberapa kali keliling dunia demi barang yang di dapatkan. Begitu juga dengan buku-buku yang terdapat di museum ini.

Oke Cukup!!!

Kalo kebanyakan cerita nanti malah ga penasaran doong melihat sendiri apa saja yang di miliki museum yang sudah dibuka untuk umum sejak tahun 2009 ini. Tak hanya bisa melihat koleksi antik, kamu juga bisa simak bermacam cerita dari guidenya lho. Yukย datang aja ke Jl Kemang Timur Raya, no 66 Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Pasti seru deh pokoknyaa ๐Ÿ˜‰

27 Komentar

  • thoriqalfatah

    Artefak bagi sebagian orang dianggap ga penting tapi ada juga yang rela menjual apartemen hanya untuk memiliki batu andesit yang telah menjadi dari bagian candi, bukan batu andesitnya yang utama tapi sejarahnya lah yang membuat tak ternilai harganya. Ehh tapi aku jadi berpikir : Kalau membangun Monas itu perlu seribu orang jaman sekarang. Lah kalau membangun Candi Borobudur jaman dahulu perlu berapa orang ya ???

    • elsamartinalova

      Waah tapi aku ragu ini bisa buat renang umum mas, blm sempet nanya kalo ini. Mari kita berkunjung bareng.

      Btw terimakasih sudah berkunjung yaaa

  • Ningsih

    Jadi museum ino dibuka untuk umum ya kak? Karena museum pribadi sebenernya pengen bgt kesana. Tp kemarin gak jadi karena sakit ๐Ÿ™
    Btw apa museum ini buka setiap hari? Dan kalo mau kesana, datang aja atau harus janjian dulu sama orang sana?

    • elsamartinalova

      Hai ningsih, iyaa dibuka untuk umum. Waah sayang sekali yaa belu sempet gabung. Buka minggu sampai kamis ning kalo ga salah. Untuk berkunjung kita harus janjian dulu dan diharapkan agar bisa rombongaan.

      Btw terimakasih sudah berkunjung yaaa

    • elsamartinalova

      Serem sih mas mengingat beberapa koleksinyaa tapi mungkin ini akan mengasyikkan hahah

      Btw terimakasih sudah berkunjung yaaa

    • elsamartinalova

      Iyaa kaa, apik sekali tempatnya. Buat detail disaran kan berkunjung kaa, tau lebih banyak ceritanyaa trus lebih puas lihat sana sini nyaaa. Yuuk dtg lg kaaa

      Btw terimakasih sudah berkunjung yaaa

    • elsamartinalova

      Aku juga ngerasa beruntung laa. Bahagia nya menjadi pak syahril jalil itu nular, bisa bikin tempat yang bisa dinikmati ribuan orang.

      Btw terimakasih sudah berkunjung yaaa

  • beni ananto

    Sumpah, tulisan lo bikin penasaran Cha. Gue lagi asik baca, tau-tau aja udah selesai. Tapi Keren riview tempatnya. Anak-anak museum kapan datengin tempat ini (lagi) ya?

    • elsamartinalova

      Yuk ayuuk kita datengin lagii. Tinggal colek mas achi ini maah, bikin season duanyaaa.

      Btw terimakasih sudah berkunjung yaaa

  • Tuty prihartiny

    Museum Tengah Kebun suatu dedikasi nyata nukan untuk pamrih atau bermegah
    Salut dan hormat untuk Bpk Syahrial Jalil…

    • elsamartinalova

      Yuuk ayuuk kita kunjungi lagii, aku juga masih pengen lama lama disiniii

      Btw terimakasih sudah berkunjung yaaa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!