Puk Cue, 1 Makanan Khas Pulau Seribu Yang Harus Kamu Coba!

Eh, jalan-jalan ke Pulau Seribu kamu harus cobain makanan khas pulau seribu yang satu ini, Puk Cue namanya.

Beruntung sekali ya, minggu lalu diajak jalan-jalan rasa kerja ke Pulau Seribu. Aku jadinya kenalan sama makanan khas pulau seribu yang satu ini. Kamu paham dong, makanan itu salah satu poin penting untuk mengenal suatu budaya masyarakat. Sesuatu yang sangat menonjol dan membuat kekhasan suatu daerah itu menjadikan daerah tersebut mudah dikenali.

Percaya tidak?

Jika kamu tidak punya makanan favorit di tempat yang kamu tuju, biasanya ada yang kurang. Pada tau kan, beberapa teman kamu akan nanya “eh, kamu makan apa kalo ke kota A? Udah pernah nyoba ini atau itu?

Kalau sudah begini kamu akan jawab apa ya kan. Makanan sudah seharusnya menjadi simbol untuk suatu daerah dan bisa juga menjadi penanda adanya pengaruh budaya satu sama lain.  Pulau seribu aja misalnya yang memiliki masyarakat yang heterogen, lahir dari latar belakang yang berbeda etnis. Begitu juga dengan si Puk Cue.

Apa itu Puk Cue, makanan khas pulau seribu?

“Puk Cue” sebutan singkatan dari kerupuk cue. Panganan kerupuk namun bukannya berbentuk kerupuk yang tipis dan renyah. Puk cue justru panganan dengan tekstur tebal dan terlihat lezat, sehingga menarik sekali untuk dicoba.

detail puk cue makanan khas pulau seribu

Puk Cue makanan khas kepulauan seribu, terbuat dari tepung sagu yang kemudian dicampur dengan ikan dan bumbu dapur. Sepintas penampilan camilan ini mirip dengan panganan pempek asal Palembang, meskipun rasanya sudah tentu berbeda. Karena walaupun sama-sama terbuat dari ikan, tetapi komposisi bahan dan jenis ikan yang biasa digunakan sebagai bahan dasarnya juga tak sama. Tapi tetap saja, puk cue lebih dikenal dengan pempeknya Pulau Seribu.

Jika kita ini mau bertanya-tanya, kenapa bisa sama? Wajar saja. Mengingat masyarakat Kepulauan Seribu yang heterogen, bisa saja jika ada nenek moyang yang memang berasal dari palembang ya. Kata orang pulo, masyakarat di Kepulauan Seribu sudah bagaikan masyarakat Indonesia. Setiap suku ada.

PEMBUATAN PUK CUE

Ikan yang digunakan untuk pembuatan puk cue biasanya adalah ikan cakalang seperti tongkol, namun bukan berarti tidak bisa menggunakan ikan lainnya. Salah satu tips yang wajib adalah ikan harus segar biar si puk cue terasa khas ikannya.

Cara pembuatannya sangat sederhana. Dimulai dengan mencampur tepung sagu, ikan rebus dan bumbu dapur lalu dibuat adonan. Selanjutnya adonan puk cue dibentuk seperti kayu gelondongan dengan panjang mencapai 30 cm, atau bisa bola bekel sesuka kamu lah ya. kemudian kukus selama 45 menit.

Angkat dan dinginkan puk cue yang sudah dikukus, selanjutnya adonan Puk Cue siap digoreng dengan minyak panas.

Makanan ini akan lebih nikmat jika disantap dalam kondisi hangat, apalagi kamu santap sambil ngeteh di pinggir pantai. Dua-dua nya bisa berpadu dan menciptakan sore yang indah. Tidak hanya itu, Puk Cue juga bisa jadi oleh-oleh khas dari Kepulauan Seribu.

PENYAJIAN PUK CUE

Penyajian puk cue di kepulauan seribu tidak ada masanya. Bisa jadi sebagai makanan sehari-hari. Makanan pengisi waktu luang dan menyambut tamu, makanan hari-hari besar dan makanan untuk ritual suatu peristiwa khusus seperti sesaji untuk arwah para leluhur.

Sedangkan saat ramadhan tiba, puk cue bisa menjadi makanan pembuka untuk berbuka puasa. Sederhana saja ternyata alasannya, puk cue dianggap makanan yang bergizi mengingat bahan dasarnya adalah ikan. Asupan yang terkandung dalam puk cue akan sangat memenuhi kebutuhan tubuh kamu setelah berpuasa seharian.

Jika pempek di Palembang disajikan dengan cuko, berbeda halnya dengan puk cue. Puk cue disajikan dengan sambal kacang. Udah Indonesia banget kan? Kita sama sama-sama tau kan kalau sambal kacang akan cocok sekali dengan lidah masyarakat indonesia. Setiap masakan Indonesia bertabur sambal kacang, menurut aku pribadi sih sudah pasti akan punya cita rasa yang menarik.

Ngomong-ngomong sambal kacang, kira-kira kamu akan ingat dengan batagor? Hemm, ini memang sudah pasti berbeda. Makanan khas pulau seribu yang satu ini, lezatnya tiada duanya.

Baca: Hidangan khas Aceh dan Panganannya ada di Jakarta

53 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!