Vaksin Flu, Satu dari 2 Cara Hindari Influenza Saat Jalan-Jalan

Ga bisa bilang engga kan untuk jalan-jalan? Meski banyak yang harus kamu persiapkan dari jauh-jauh hari. Baik itu budget, riset destinasi apa saja yang akan kamu datangi atau mau nginap dimana. Penginapan yang sehat bagiku salah satu yang wajib dipastikan tersedia kalau harus jalan-jalan. Satu destinasi ke destinasi lain tak akan mudah kalau kamu tak dapatkan istirahat yang cukup. Bisa-bisa kamu kena flu, lalu hanya bisa istirahat dan tidak menikmati perjalanan. Kecuali kamu sudah melakukan vaksin flu ya.

Meski Flu bisa saja didukung oleh tubuh terforsir oleh pekerjaan sebelum liburan atau kondisi dimana kamu selama perjalanan berada di sekitar orang-orang yang berisiko menyebarkan beragam virus dan berganti udara, nah kamu akan gampang terjangkit flu. Ngomong-ngomong flu aku mau cerita tentang Vaksin Flu, Satu dari 2 Cara Hindari Influenza Saat Jalan-Jalan.

Kenali Gejala Flu Saat Jalan-Jalan

Aku yakin banget deh kalau sebagian dari kamu sering ngeremehin flu. Aku juga. Ga sekali dua kali aku membiarkan flu dan tetap melanjutkan perjalanan dan merasa itu akan baik-baik saja. Namun ternyata influenza tak seremeh itu ya gaes.

Eh, btw ada yang mau bantah ga kalau aku bilang flu itu ga seremeh yang dibayangkan?

Jika tidak, aku sedang berbicara dengan orang yang tepat. Tapi jika ya, aku mau kasih tau bahwa flu dan pilek yang biasa kita kenal dengan flu itu berbeda. Virus penyebabnya berbeda dan gejala yang ditimbulkan juga berbeda. Flu akan menyerang dadakan dan lebih parah, sedangkan pilek muncul bertahap dan lebih ringan.

Sejatinya, Flu adalah penyakit pernapasan yang menular dan disebabkan oleh virus influenza yang menginfeksi hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Virus bisa datang darimana saja apalagi bagi kamu yang senang jalan-jalan.

(SS FOTO DI PPT)

Gejala flu mudah sekali kita sadari. Tiba-tiba kamu merasa akan batuk, demam, menggigil, nyeri otot badan, hidung tersumbat, lalu sakit tenggorokan, sakit kepala, muntah-muntah atau gampang lelah. Kalau sudah begini, siap-siap kamu bisa menularkan ke siapa saja.

Daripada nularin, kamu baiknya antisipasi hadirnya flu segera dengan beberapa cara berikut:

Satu : Jaga Kebersihan Sendiri dan Lingkungan Saat Jalan-Jalan

Hal paling mudah yang kamu lakukan untuk atasi flu adalah jaga kebersihan sendiri dan lingkungan. Saat ingin jalan-jalan lengkapi perlengkapan kebersihan seperti sabun cuci tangan/hand-sanitizer yang berbahan dasar alkohol. Tanpa pembasuh tangan kamu akan susah sekali terhindar dari flu. Kamu tidak bisa prediksi berapa banyak bakteri yang berkembang di tangan saat kamu menyentuh hidung, mulut, mata atau bersalaman dengan orang lain. Kamu juga tidak sadar barang apa saja yang kamu pegang dan entah kapan barang itu terakhir kali dibersihkan. Selain itu, usahakan jangan berbagi tempat makanan dan kebutuhan pribadi yang bisa jadi perantara kamu tertular dari orang lain ya, seperti gelas atau botol minuman.

Selama perjalanan, pastikan kamu rajin minum air putih. Karena air putih bisa membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minum melalui keringat, urine dan kotoran. Jadi meskipun lagi jalan-jalan sirkulasi dalama tubuh kamu tetap berjalan normal.

Dua : Vaksin Flu Untuk Jalan-Jalan yang Menyenangkan

Nah ini yang aku akan bagi meski sedikit ya. Ikut meramaikan Blogger Gathering dalam rangka World Flu Day 2019 pada Minggu, 24 November lalu bikin aku tau bahwa sebelum jalan-jalan usahakan kamu bisa melakukan vaksin flu atau suntik flu. Vaksin Flu a.k.a Vaksin Influenza bekerja dengan cara membangun antibodi dalam tubuh seseorang untuk melawan virus influenza. Vaksin flu butuh sekitar dua minggu untuk bekerja menciptakan antibodi dalam tubuh seseorang. Maka usahakan lah untuk vaksin flu 2 minggu sebelum kamu melakukan perjalanan. Dan untuk para pejalan inilah manfaat sudah melakukan vaksin.

vaksin flu

Vaksin flu sangat penting untuk usia ≥50 tahun, untuk orang yang memiliki penyakit kronik (termasuk asma), wanita hamil dan orang-orang yang tinggal dengan risiko tinggi.

Lewat Event yang diadakan oleh “Kenapa Harus Vaksin” ini aku dijelaskan oleh dr. Suzy Maria jika flu adalah penyakit yang berbahaya, apalagi jika dibiarkan bergitu saja, bisa bisa menyebabkan kematian kalau sudah komplikasi.

Jadi, kapan kamu akan vaksin influenza?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!