PESONA 2IN1 CURUG MARIUK : SURGA TERSEMBUNYI BERASA KOLAM PRIBADI

Pandemi tak kunjung usai, prokes tetap dijaga ketat, refreshing penting banget demi menjaga kewarasan di sela kesibukan. Biar imunnya masih kuat, aku mau banget ajak teman-teman intip pesona 2in1 curug mariuk : surga tersembunyi berasa kolam pribadi.

LOKASI CURUG MARIUK

Untuk sekedar refreshing, lokasinya ga harus jauh. Cukup yang dekat dari ibukota saja. Tempat ini dikenal dengan julukan kota hujan dan menyimpan ribuan curug yang bisa selalu menyejukkan mata para pengunjung. Pasti kamu sudah bisa menebaknya kan? Bogor, kota sejuk, idaman para traveller yang ingin kabur sejenak dari hiruk pikuk ibukota. Dan Curug Cimariuk, memenuhi syarat jadi salah satu curug idaman untuk kamu kabur sejenak.  

Terletak di perbukitan masihit, desa Sukamulya, Kecamatan Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. Lokasinya tidak jauh dari Curug Hordeng. Jika kamu belum mengenali daerah bogor, disarankan untuk menggunakan google maps, pasti sampai kok ketujuan.

MENUJU CURUG MARIUK

Jika kamu menggunakan google maps, jangan bingung ya. Karena jalan yang kamu lalui memang jalanan padat penduduk dan tiba-tiba akan ada jalanan sepi menuju wilayah perbukitan. Jika kamu sudah menemukannya, jangan merasa sampai dulu. Ini awal perjuangan kamu. Hahaha

Kita tau banget dong, untuk mencapai sesuatu yang indah memang butuh perjuangan. Menuju lokasi parkirnya saja, kamu harus melewati jalanan tanah kira-kira 25 menit. Trek awal ini sebenarnya masih bisa dilewati mobil atau kendaraan bermotor, hanya saja kamu disarankan untuk menggunakan kendaraan bermotor saja karena kamu akan melewati trek terjal dan berbatu.

Setelah kamu memarkirkan kendaraan, kamu masih harus melanjutkan trekking sekitar 20-30 menit tergantung kemampuan fisik kamu. Jalanan yang akan kamu lalui adalah jalanan yang masih berupa tanah merah, dengan tebing-tebing jurang disisi jalan dan berliku.

Tapi, diperjalanan kali ini kamu sudah dimanjakan dengan pemandangan yang indah. Hijau dedaunan, gemericik air sudah jadi suguhan special untuk kamu bisa mengurangi rasa lelah. Tapi jangan meleng yaa, inget lho di sisi kanan kamu ada jurang.

Kamu akan bisa dikatakan sampai jika sudah di area kolam ya, sementara di sepanjang jalan itu hanya hiburan. Di atas pasti akan lebih indah. (udah macam perjalanan hidup yakan)

AKTIVITAS DI CURUG MARIUK

Air terjun Mariuk memang tidak terlalu tinggi, memiliki kolam yang tidak terlalu besar yang digunakan untuk kolam renang. Meskipun terlihat kecil dan sempit, aliran airnya sangat jernih dan bersih. Ini lho yang bikin betah.

Disini nih, kamu bisa berenang bagaikan di kolam pribadi, karena memang pengunjung yang datang tidak terlalu ramai. Mungkin karena treknya yang memang menguras tenaga. Kondisi ini menguntungkan sekali lho buat kamu yang datang kesini untuk refreshing dan menenangkan diri.

Buat kamu yang senang menguji adrenalin, kamu bisa lompat dari ketinggian dan menjatuhkan diri ke kolam. Ini masih aman karena kedalaman curug mariuk itu sendiri berkisar 3-5 meter. Dan yang selalu diincar para ciwi-ciwi sudah pasti spot foto yang bagus. Kamu bisa memilih spot yang kamu inginkan, sesuai selera. Kalau alat potret kamu memadai, bisa foto ala ala di dalam air Kali Kaca kok. Hahaha

FASILITAS DAN TIKET MASUK

Saat ini curug mariuk sudah terkelola dengan baik. Sudah terdapat warung-warung yang menjual berbagai cemilan yang cocok dengan cuaca curug. Seperti mie instant, gorengan, minuman hangat. Jadi kamu ga harus kelaparan kalau berkunjung kesini. Sudah tersedia toilet yang memadai juga. Jadi terbilang aman untuk hal-hal urgent ya.

Tiket masuk untuk pengunjung dikenakan Rp 35.000,- per orang dan untuk parkir motor akan diminta Rp 10.000,- / per kendaraan.

BERKUNJUNG KE CURUG MARIUK

Untuk berkunjung ke Curug Mariuk, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan :

  • Bogor si Kota Hujan, jangan lupa selalu siap sedia jas hujan selalu
  • Pastikan kamu memilih jalan yang aman saat hujan, karena jalanan dengan tanah merah akan sangat licin
  • Bawalah perlengkapan renang sesuai kebutuhan kamu, termasuk jika kamu butuh pelampung
  • Jika datang di hari biasa, usahakan bawa bekal karena warung sering ambil libur di kala weekday
  • Gunakan alas kaki yang aman untuk trek yang ektrim (berbatu dan licin)
  • Pastikan kamu mengendarai kendaraan berkekuatan prima untuk trek ekstrim
  • Siapkan alat potret andalan kamu
Selamat berkunjung dan menikmati pesona 2in1 curug mariuk, dapatkan pesona alam dan kesegarannya, dapat juga berenang di kolam pribadinya.

44 Komentar

  • Febi

    Abis baca ini, saking penasarannua gw langsung googling, loh..
    Kalo sekilas kayak mirip leuwi hejo, ya..hehe..
    Seger benget..
    Infonya penting bgt loh, apalagi yg bagian tips bawa bekal buat jaga2 pas dtg weekday..
    Btw, kalo penginapan apa di sana ada juga?..

  • Lovelypink

    yah ampun ku uda lama banget ga pernah nyurug lagi nih. Btw, lumayan juga yah buat sampe curugnya butuh waktu 30 menit. hahahaha…

  • Iqbal

    Banyak banget yah Curug di Bogor. Apa jadinya kita tanpa bogor? Terima kasih bogor… Btw kalau ada fotonya, akan lebih menarik πŸ™‚

    • Rara

      Sejujurnya udah kangen banget explore Curug di Bogor. Tau ah lupa kapan terakhir kali saking lamanya, dan curug ini tentu saja menjadi opsi

  • Mamak Rempong

    ya ampuuuunnn beb, gue scroll naek turun takut kelewat fotonya dong hahahha
    jadinya googling, ternyata indah itu curug mariuk, cuman trekingnya lumayan juga ya

  • Laela Dzuhria Wahyudo

    Bogor emg juaranya Curug mbak. Bukan lalu habis ke lembah tepus, lokasi Bogor gn Bunder. Nah mungkin dkt dg curug cimariuk ini. Next time bs ke sini nih buat refreshing. Mksh ulasannya mbak.

  • Rahmatullah

    Sangat menarik, saya membacanya sambil membayangkan suasana disana, mungkin bisa di update dengan di tambahin foto2nya mbak πŸ˜€

  • Diani Sekaring Sejati

    Untuk mencapai sesuatu yang indah memang perjuangannya luar biasa yaa hehe. Aku belum pernah nih ke Curug Mariuk, asyiik yaa kayaknya ke sana bareng teman-teman atau keluarga. Pemandangannya cantiik..

  • Etika Aisya Avicenna

    Wah, baru tahu nama curug ini, padahal tinggal di Bogor. Hehe.. makasih info dan ceritanya Mbak, bisa masuk ke bucket list nih lokasi yang mau dikunjungi sebelum pindah lagi dari Bogor

  • Nurul Fitri Fatkhani

    Saya sudah beberapa kali berkunjung ke curug di sekitar Kota Bandung dan Subang. Dan hampir di setiap lokasi, untuk menuju ke arah curug jalanannya terjal dan berbatu. Pokoknya perjuangan sekali untuk sampai curug. Etapi kalau udah sampai curug, rasanya puas sekali lihat pemandangan indah di sana ya…

    • Rivai Hidayat

      Bogor emamg surganya curug. Apalagi trekkingnya ga terlalu jauh. Tapi pemandangannya sangat bagus.

      Itu tiket 35ribu, fasilitas aap saja yang bisa didapatkan…? Atau emang sudah termasuk asuransi atau jalur treking yang nyaman dan amankah…?
      Aku baru tahu ada tiket masuk curug seharga 35ribu…hehehhee

    • Eka Rahmawati

      Seumur-umur aku belum pernah kak ke Curug manapun yang ada di Indonesia hahaa. Sedih deh. Huhuhh. Mungkin Curug mariug bisa jadi destinasi terdekat dr tempat tinggal aku ya kalo mau coba mengunjungi Curug

  • Afrianti Eka Pratiwi

    Belum pernah ke sini deh. Udah lama juga nggak jalan2. Padahal rumah juga di bogor walo pinggiran. Kapan ya pengen kesini deh wkwk

  • Anggita R. K. Wardani

    Adem banget liatnya kak 😍. Enak ya kalau ada ginian di deket tempat tinggal. Ga perlu jauh-jauh cari hiburan yang adem.

  • Andri Marza Akhda

    keren mba. Memang di saat saat seperti inilah kita memang perlu banyak refreshing, biar kagak stres πŸ˜€

  • Sri Wulandari

    Wahh, indah bangetttt. Tapi sayang masih pandemi. Belom bisa pergi jauh”. Karna banyak persyaratan perjalanan yg harus dilakukan. Jadi males keluar” kota.

  • Kartini

    Waahh deket ya kak.. kalo baca tulisan tentang traveling. Jiwa jalan2ku bergejolak banget eeuuyy.. tapi mesti sabar.. 2-3 tahun lagi insyaAllah pas anak udah lahir dan sudah bisa ajak kenalan dengan alam baru bisa nih jalan2 lagi hiikss

  • Tuty Prihartiny

    Curuk Mariuk? Hemm Baru tahu nih saya. Seperti semakin kesini, semakin banya curuk di Bogor yang mesti dikunjungi nih. Rasanya seger dam nyaman ya kak karena belum terlalu terekspos. Berasa main di curug pribadi ya.. Mantap!

  • Dian Restu Agustina

    Pantesan mayan sepi, treknya menguras tenaga, akses kendaran juga ga gampang..tapi terbayar ya dengan alami dan indahnya. Puas deh pepotoan di Curug Mariuk. Memang sejuta curug di kota hujan ada…tinggal pilih yang mana dan siapkan tenaga buat perjuangan ke sana:)

  • Ning!

    Sayang banget dulu pas masih tinggal di ibukota aku nggak sempet explore bogor. Ternyata ada curug kece tersembunyi yah. Apalagi ke sana pas sepi, enak banget tuh!

  • hallowulandari

    hahhaha iyaa berasa kolam pribadi banget yaa chaa, abis sepi banget gitu, enakkk banget dan bisa puas main air sembari ambil foto tanpa bocor-bocor orang hahaha. Karena trekknya lumayan mesti bawa pasangan yang bisa melalui trek ini dengan handal ya cha ehehehhehe

  • Mrs.kingdom17

    Kayaknya gak di Bogor gak di Purwokerto kalau mau ke Curug kudu treking dulu ya….tp memang semua sebanding dgn keindahan yang bakal di dapat. Btw, harga masuk cukup pricey ya…belum include parkir lagi…atau memang pasaran harga tiket di Bogor segitu…

    • Anni NS

      Berguna sekali ini infonya kak sekaligus menarik🀩 yang bikin seneng dari curug mariuknya itu menurut aku ya karena sepinya itu ya haha..wah pasti asyik sih klo bisa kesana bersama yang tersayang menikmati kejernihan, kebersihan juga kesegaran airnya.
      Jadi, pengen cari tahu lebih lanjut tentang curug itu..lumayan buat refreshing ya hehe
      Makasih sharingnya kakπŸ˜„πŸ˜Š

  • Diah Sally

    Kamu sekarang jadi anak curug yaa yuk. Bogor emang curugnya banyaak banget dan keren2 yaa yuk curugnya. Tapi curugnya emang sesepi itu yaa yuk? Asyik banget siik? 😍

    • Elsa Martina Lova

      Engga ah, masih anak bunda yuk. tidak pernah berubah. wkwkwk

      Iya sepi dibanding curug-curug lainnya yang makin ramai cem pasar malam. Mungkin karena HTM nya dan lokasinya yang butuh trekking. Kadang kan orang cuma mau sampe langsung nyemplung yuk.

  • Deny Oey

    Curugnya kayaknya adem..sayang foto2 dokumemtasinya kurang banyak nih. Mungkin biar mupeng dan jalan kesana sendiri ya 🀣

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!