Rekomendasi 3 Masakan Rumahan Andalan untuk si (Calon) Ibu

Bingung mau kasih judul apa, tadinya. Tapi aku memang pengen kasih rekomendasi masakan rumahan andalan untuk si (Calon) Ibu, apalagi yang tengah hamil besar kayak aku. Simak yuk guys, biar tetap jadi kesayangan πŸ™‚


Ini tulisan pertamaku tentang kehidupan pribadi sejak April 2021 lalu memutuskan menikah dan alhamdulillahnya saat ini sedang diberi kepercayaan untuk menjadi calon ibu. Usia kandunganku saat ini 8 bulan 2 minggu, nyaris 9 bulan. Sudah besar memang.

Tidak mudah ya ternyata, aku memilih tetap bekerja, menjadi seorang istri dan tengah hamil pula. Aku sadari banget itu kenapa seorang istri dan ibu dianggap luar biasa. Tetap baik-baik saja disaat banyak hal yang harus kita seimbangkan dalam hidup sehari-hari memang butuh waktu belajar yang tidak pernah tau kapan selesainya. Masih ada untungnya, aku tidak tinggal dengan orangtua ataupun mertua. Kamu bisa bayangkan dong aku harus bisa menempatkan diri juga sebagai anak.

Namun dalam kondisi ini, aku sebenarnya terbantu banget punya suami yang tidak terlalu menuntut istrinya yang harus melayani dan menyiapkan kebutuhannya setiap hari dan setiap saat. Entah akan selalu begini, atau karena sadar diri istrinya lagi hamil ya. Mari doakan keberuntunganku guys. Wkwkwk.

Sejak menikah aku memang cuma punya kesempatan kosong 2 bulan saja. Saat itu euforia jadi pengantin baru masih sangat keliatan. Pulang kerja aja masih bela-belain masakin buat suami makan malam dan untuk siang esok harinya. Masih bucin sangat ya.

Tapi sekarang aku masih begitu kok. Meski pak suami kayaknya memang lebih jago masak daripada aku dan akan mengerjakan dengan senang hati saat istrinya butuhkan tapi tetap ada perasaan ingin tetap makan, masakan istri. (Efek love languange Act of Service kayaknya).

Makanya aku bisa kasih teman-teman rekomendasi masakan rumahan andalan untuk si calon ibu yang tengah hamil besar sepertiku. Berikut rekomendasinya ya :

1. Orek Tempe (Kering dan Basah)

Sumber: https://instagram.com/momsha_homemade

Orek tempe ini adalah masakan rumahan yang mudah dibuat kapanpun di setiap waktu. Berasal dari tanah Jawa, ini adalah olahan tempe yang dipotong-potong kecil dan dimasak dengan irisan cabe dan juga kecap. Tapi pada masakan ini rasa manis udah pasti mendominasi. Tekstur dari tempe orek ini saat ini ada 2 macam. Orek kering dan orek basah, kesukaan pak suami orek basah. Kebetulan cocok sama lidahku juga.

Pengolahannya cukup menghabiskan waktu 30 menit saja. Kenapa bisa jadi andalan? Kondisi aku bekerja pergi pagi pulang malam tidak memungkinkan untuk aku bisa belanja di jam-jam fresh. Sementara bahan baku untuk rekomendasi masakan rumahan yang ini mudah didapat jam berapapun.

Bahan Utama :
500 gram tempe
Minyak goreng secukupnya
3 buah cabe merah besar (iris miring)
3 siung bawang merah (iris tipis)
1 siung bawang putih (iris tipis)

Bumbu:
Kecap secukupnya sesuai selera
75 ml air
1 sendok teh (sdt) gram
1 sdt Royco Sapi

Cara membuat tempe orek :

  1. Panaskan minyak, goreng tempe hingga berwarna kuning dan kering. Angkat dan tiriskan.
  2. Goreng bawang merah, putih hingga wangi dan masukkan cabe iris. Campurkan tempe goreng dan beri kecap sesuai selera. Beri air dan tunggu sampai mendidih dan agak kental.
  3. Jika kamu ingin tempe orek basah, saat bumbu sudah kental masakan rumahan kamu ini sudah bisa dihidangkan. Sementara jika tempe orek kering, kamu bisa menunggu sampe tempe orek yang di wajan ini benar-benar ering ya.

Simpel banget kan ???

2. Telur Pedas (Dadar atau Balado)

Sumber: https://instagram.com/gracellakitchen

Telur sering dipakai sebagai bahan utama masakan karena kaya akan protein. Segala macam hidangan yang terbuat dari telur, bisa kamu jumpai di warung pinggir jalan hingga restoran berbintang. Alasannya karena bahan makanan yang satu ini sangat praktis untuk diolah.

Dijadikan masakan rumahan aja, kamu bisa bikin telur pedas. Mau itu didadar atau akan dihidangkan balado.

Ini dia bahan utamanya.

  • 8 butir telur rebus
  • 12 biji cabai merah
  • 3 biji cabai rawit merah
  • 6 butir bawang merah
  • 2 butir bawang putih
  • 1 buah Jeruk Nipis ukuran sedang
  • garam
  • minyak goreng

Cara memasak:

Cabe Halus :

  1. Ulek bawang merah, putih, cabai merah dan rawit sampai halus. Jangan lupa beri garam secukupnya.

Memasak Telor Dadar :

  1. Kocok 2 butir telur, dan masukkan cabe halus sesuai tingkat kepedasan yang kamu suka.
  2. Tuang adonan telur ke wajan penggorengan. Tunggu matang dan angkat jika telor dadar sudah berwarna cokelat.

(untuk bahan diatas bisa untuk 4 buah telur dadar)

Memasak Telur Balado:

  1. Rebus telur terlebih dahulu dan kupas cangkangnya.
  2. Goreng telur. Angkat lalu sisihkan.
  3. Tumis cabe halus hingga wangi. Iris jeruk nipis dan peras diatas cabe. Tunggu hingga bau cabai tidak menyengat, agar cabe tidak terlalu pedas.
  4. Masukkan telur ke dalam cabai dan aduk rata.

Kira-kira kamu lebih suka telur didadar atau balado?

3. Kangkung Belacan

Sumber: https://instagram.com/balqis_abdullah

Hayo siapa yang juga favoritin sayur kangkung?

Kebetulan banget si aku yang ga suka sayur ini, mau banget kalo dihidangkan sayur kangkung mau diolah kayak apapun juga. Ini kayaknya satu satunya sayur yang aku suka. Ditumis dan disajikan selagi masih hangat bersama nasi putih aja, duh bikin auto nambah nasi kayaknya. Selalu bisa jadi juara dan bikin ketagihan. Cara bikinnya juga gampang banget kan? Cobain deh !!!

Bahan-bahan:

  • 2 ikat kangkung, disiang ya. Belah batangnya, karena bisa saja masih ada ulatnya.
  • Garam, gula dan kaldu bubuk secukupnya
  • 80 ml air

Bumbu ulek:

  • Cabe rawit secukupnya
  • Cabai merah keriting secukupnya
  • 2 butir bawang putih
  • 6 butir bawang merah
  • 1 sdt terasi
  • 1/2 buah tomat

Cara memasak:

  1. Tumis bumbu ulek sampai matang. Tambahkan air
  2. Bumbui dengan garam, gula dan kaldu bubuk. Aduk merata
  3. Tambahkan kangkung. Aduk cepat
  4. Tutup dengan tutup panci sekitar 30 detik. Lalu Aduk sebentar. Angkat dan sajikan selagi hangat.

***

3 rekomendasi masakan rumahan andalan untuk si calon ibu ini udah bisa banget bikin suami lebih senang makan di rumah, meski dengan menu sederhana.

Rahasia besarnya adalah, masakan rumahan ini sudah jadi andalanku sejak saat masih sendiri dan jadi anak kosan. Tapi memang cocok buat si calon ibu yang dalam kondisi tidak boleh terlalu capek namun harus rajin bergerak.

Selamat mencoba rekomendasi masakan rumahan ini ya dan terimakasih sudah mampir.

27 Komentar

  • Febi

    Ini mah masakan yg gw suka semua..hehe.
    Kalo boleh tambahin satu masakan yg simpel tapi buat gw enak yaitu chicken nugget yg digoreng bareng sambel matah..
    Mantap :p

  • Rivai Hidayat

    aku doyan ketiga masakan tersebut mbak chacha…hahahhaa
    Aku baru ingat kalau sdah lama ga makan telur pedas. Kayaknya besok bisa minta tolong masak telur pedas.
    Kalau pas beli makan di warteg, telur pedas ini biasanya jadi pilihan lauk.
    Orek tempe sering jadi pilihan juga. Kadang dicampur sama bakso. Jadi lebih enak..hahahhaa

    Makasih mbak chacha untuk resepnya πŸ˜€

    • Lalaysf

      Huaaa aku udah lama banget nggak masak. Btw telor balado sama kangkung paling sering aku masak sebagai anak kosan hahaha. Udah lama aku nggak masak telor balado, mungkin bisa buat resep bulan Ramadhan nanti.

  • Moses Adrian

    Masakan simpel, enak, hemat. Lebih lengkap lagi kalau orek tempe dan telur baladonya dimakan dengan bihun goreng dan sambal kacang. Bisa jadi menu defisit kalori juga.

  • Beni

    Wah, sebelumnya selamat ya cha. Semoga sehat dan lancar persalinannya sampai hari H nanti. Masakan ini rumahan makan, sebagai orang jawa, di rumah ortu sering masak ini. Bapakku juga suka masak, jadi suka gantian masak sama ibu. hehe

  • Anni NS

    Juara sih menurut aku semua resep rekomendasi andalannya. Aku suka semuanya haha..enak dan cocok.
    Dan yang terpenting itu simpel dan mudah. Aku suka masak yang simpel2 alias sederhana juga soalnya hehe..
    Makasih ya sharing resep rekomendasinya😊

  • Deny Oey

    Jadi inget jaman2nya hobi masak suka banget bikin orek tempe sama cah kangkung. Semoga si calon ibu dan debaynya sehat ya..

    • Nur Aeni

      Menu makanan favorit nih tempe oreg, kangkung belacan tapi aku telornya didadar 😁 pan kapan share resep rendang yang bisa awet lama ka chaca hehe

      • Endang Cippy

        Tempe orek yg belum pernah aku coba bikin.
        Pengen bikin tempe orek basah pakai cabai ijo. Hahaha

        Tq sdh berbagi resepnya.
        Ah iya.. rice cooker bikin mudah dlm merebus telur. Masukkin telur ke dalam beras yg mau di masak. Nasi matang, telur pun matang. Aku dh coba berbagai olahan telur rebus. Emang benar2 juara bgt tuh telur balado!

  • Anonim

    Yah ampuuuun mba Chaca,
    Ini tuh makanan sederhana, apalagi buat yang jarang masak yah.
    Tapi nikmat bin sedapnya bukan main.

    • Lovelypink

      Komen ulang yaaaaah… soalnya jadi anonim di komen sebelumnya. hiks
      tapi aku tuh seneng banget sama makanan rumah sederhana yang rasanya tuh nikmat banget.
      Apalagi di campur sama nasi putih hangat, mamamia lezatoooooos deh.
      hihihihihi

    • Vera

      Sehat-sehat ka caca. Lancar persalinannya ya. Menu – menu diatas adalah menu masakan rumahan sederhana yang selalu bikin kangen 😍

  • Tuty Prihartiny

    Sip banget nih… Recommended banget untuk yang mau masak tapi punya waktu terbatas Tadi setelah baca, langsung saya sodorkan ke adik yang lagi asik-asiknya belajar masak. Saya? Ya spesialis ngabisin makanan aja…

    • Iqbal

      Soal kangkung… Kalau beli rasanya udah banyak banget berikat-ikat, tapi pas jadi kok rasanya sedikit banget yah. Itu gimana Cha kira2?

  • Ning!

    Aku yang pemakan segala, tentu aja suka semuaaa, haha

    Tapi dari 3 menu di atas yang paling aku suka telur balado, suka pedes soalnya. Mantap banget kalau dimakan bareng nasi anget.

  • hallowulandari

    semuanyaa aku suka chaaa, dan baru aja ni tadi pagi bikin semacam (mirip-mirip) sama kangkung belacan hahhaha, next bikin tempe orek juga apa ni yaa

  • Lenifey

    Sebagai anak kosan aku juga cukup sering masak ini apalagi tempe orek wkwk. Di warung pun setiap beli lauk pasti nggak jauh2 belinya telor balado sama tempe orek. Duh ngiler jadinya

  • Retno

    Resep masakan diatas emg beneran praktis dan cepat kak, gak perlu repot cari bahan karena rata2 semuanya tersedia dimana ajah.. Semuanya enak dan jadi favorit adalah telor balado hehe.. Btw selamat untuk kak caca yang sebentar lagi akan jadi seorang ibu, semoga untuk ibu dan calon bayik nya sehat selalu sampai nanti melahirkan.. Aamiin

  • Suci Margi Pangesti

    Adududududuuuu….inimah makanan yang bikin aku ngekepin mejikom, Bebs. Simpel, enak, bergizi, bikin makan pengen nambah lagi dan lagi…ketiganya terlova-lova dah

  • Firdaus Soeroto

    No debat tempe orek kering sih juara di mulut gue! Pas banget belum makan malam abis baca artikel ini jadi makin laper, Cha! Sukses buat gue gagal diet. ((diet)) HAAHAHA

  • oktanti

    indonesia tuh emang ga jauh dari pedes ya wkwk sayangnya ga berlaku untuk perutku yg sudah dieg pedas setahun ini. memasak itu memang butuh skil dan terus dilatih supaya makin peka sama racikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!