ODT 3 Wisata Ramah Keluarga di Pangalengan: Sunrise Point Cukul, Rumah Ibu Pengabdi Setan, Wayang Windu

Sudah waktunya liburan nih, aku punya rekomendasi 3 wisata di Pangalengan yang ramah keluarga : Sunrise Point Cukul, Rumah Ibu Pengabdi Setan, Wayang Windu. Ketiga wisata ini bisa kamu datangi dalam waktu satu hari aja. Udah gitu cocok untuk dikunjungi segala usia. Intip yuk !!!

Wisata Ramah Keluarga : Sunrise Point Cukul

Pangalengan berada di wilayah administrasi Kabupaten adalah salah satu daerah yang masih sangat asri dengan hamparan lanskap alam yang memukau. Salah satunya adalah Cukul Sunrise Point. Berada di Desa Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan ini mempesona dengan pemandangan yang luar biasa indah.

View sunrise yang menawan serta hamparan kebun teh yang hijau bisa kamu lihat di Cukul.

Menuju ke lokasi ini tidak disarankan untuk menggunakan kendaraan umum, karena pasti sulit di akses. Letaknya masih sangat jauh dari pusat kota dan daerah yang super ramai. Malah kalo di daerahku, jalan menuju ke cukul ini sudah seperti jalan lintas provinsi. Disarankan sekali untuk gunakan kendaraan pribadi ke Sunrise Point Cukul ini.

Aku yang tak ahli menjelaskan letak daerah, aku gunakan maps dengan mengetik “Sunrise Point Cukul Pangalengan”, aku jamin bakal sampai. Cukup pastikan kamu atau temanmu bisa baca maps yaa, jangan kayak wece wece yang ga bisa bedain kanan dan kiri #uupss

Kalau kamu sudah sampai di titik point, lanjutkan perjalanan kamu menuju parkiran. Disini kamu akan disambut ramah dengan akang parkir yang baik hatinya. Tiket parkir mobil 10 ribu sedangkan mobil 25 ribu. Kamu bisa bayar nanti kalau mau pulang aja, beneran baik kan akangnya? WKWKWKW

Biasanya jam 3-4 pagi tempat ini sudah ramai pengunjung, karena memang pengunjung akan berburu spot terbaik untuk melihat matahari terbit. Ini yang sangat mempesona dan tidak terlewatkan.

Biaya masuk ke wisata ini terjangkau lho, 10ribu per orang. Fasilitasnya lengkap toilet, mushola, gazebo, warung, dan banyak spot foto yang instagramable.

Wisata Ramah Keluarga : Rumah Ibu Pengabdi Setan

Matahari telah terbit, dan setelah kamu puas menikmati semua view yang ditawarkan Cukul, kamu bisa bergeser sedikit ke Rumah Ibu yang ada di film Pengabdi Setan. Aku ketik di maps “Rumah Ibu Pengabdi Setan” lebih kurang 30 menit dari cukul.

Rumah tua yang terkenal karena kesuksesan film Pengabdi Setan yang diperankan Ayu Laksmi, Ibu si pemeran utama.

Film horror ini berhasil membuat penontonnya penasaran dengan rumah yang konon sudah berdiri sejak zaman penjajahan belanda. Bergaya art deco, turunan dari gaya kubisme yang sangat mengagumkan berbentuk kubus.

Dari bagian depan rumah, lorong-lorong sempit, tempat tidur ibu, sampai sumur yang ikonik. Kurang afdal kali ya kalau kamu pecinta film horor belum pernah berkunjung ke rumah ini,

Tapi aku yang penakut ini tidak berani masuk untuk melihat setiap sudut rumah yang sudah di set sesuai dengan penggambaran dalam film.

Lantai kayu dengan dinding bernuansa vintage dan sudut ruangan dengan perapian dan pajangan foto sosok ‘Ibu’ diatasnya hafal banget diingatan. Sampai disini aja udah berasa aura mistisnya. Akhirnya aku foto di halaman depan saja.

Tiket masuk ke rumah ini cukup dengan membayar Rp10 ribu. Sementara untuk biaya parkir, dipatok 5 ribu untuk motor dan 10 ribu untuk mobil.

Rumah Ibu Pengabdi Setan ini bagian dari kawasan kantor Perkebunan Kertamanah, PTPN VIII, Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Wisata Ramah Keluarga : Wayang Windu

Dikenal dengan sebutan WWP, Wisata Wayang Windu Panenjoan. Wisata ini masuk ke list wisata yang wajib dikunjungi.

Pas sekali kalau kamu pilih sebagai sunrise point juga kayak cukul, tapi hidup adalah pilihan ya booo’. Jadi kala itu aku pilih jadi destinasi menikmati sore.

Berada di dataran tinggi Bandung Selatan. WWP 1800 adalah tempat wisata di ketinggian 1800 mdpl yang menawarkan pemandangan alam pengunungan yang memukau.

Konsep taman langit dengan pemandangan kebun teh yang sangat luas, WWP tawarkan banyak spot foto menarik dan instagramble.

Disini terdapat jembatan kayu yang membelah kebun teh. Kamu bisa menikmati suasana langsung berada di tengah-tengah kebun teh.

Nuansa hijau memanjakan mata dan menyegarkan jiwa sempurna rasanya untuk melewati suasana sore yang cerah. Cocok untuk refreshing, menyegarkan pikiran dari hiruk pikuk ibukota.

Tiket masuk kesini juga terjangkau, 10 ribu sepuasnya. Fasilitaspun sudah lengkap, ada toilet dan tempat ngopi cantik.

Buat kamu yang ingin wisata yang ada treking tipis-tipis, tempat ini pas banget juga kok. Kalo capek yaa bisa naik lagi ke kendaraan pribadinya, atau naik kolbak yang dikelola warga setempat.


Kabar baiknya, Sunrise Point Cukul dan Wayang Windu Panenjoan juga bisa lho untuk camping dengan teman-teman, sahabat dan keluarga. Sepertinya nanti aku akan mencoba. Ada yang mau ikut?

23 Komentar

  • Febi

    Kan pas di rumah pengabdi setan, ga ikutan masuk ya?..
    Terus pas yg lain masuk, nunggu di depan sendirian, nnt malah ada yang “nyerupain” terus ngajak ngopi lagi..hehe..

  • Rivai Hidayat

    Menurutku, sunrise point cukul jadi tempat wajib yang mesti dikunjungi. Tampat ini punya keunikan sendiri. Barisan perbukitan dan kabut pagi selalu jadi suguhan yang tepat di setiap paginya. Di sekitar sana juga ada beberapa warung yang bisa disinggahi sambil menikmati pagi. 😀

    • Anni NS

      Aku mau ikuttt✋👍😍
      Tiga tempat rekomendasinya seru juga menarik kak.
      Asyiknya lagi karena bisa jadi ODT dan bs dpt tiga tempat sekaligus untuk jalan – jaln ke tempat yang unik, wahhh jadi kepincut deh nih.
      Tempatnya juga nggak terlalu jauh dan juga nggak terlalu sulit dijangkau ya kak..
      Best info!

  • Deny Oey

    Parkir mobil 10rb, parkir mobil 25rb untuk wisata sunrise cukul. Mungkin biaya parkir sesuai ukuran atw merek mobil ya. Wkwkwkwk..

    Untuk wisata Rumah Pengabdi Setan sayangnya sudah terlalu banyak dirombak dan tidak sama seperti aslinya. Sekarang lebih mirip rumah hantu murahan.

  • RULY

    Daerah Pangalenga memang bagus banget, daerah ini memang salah satu destinasi yang paling pas buat Healing dari hiruk pikuk ibukota, yang terkadang bikin stress.

  • Antin Aprianti

    Ini foto-fotonya ke mana Kak? Antin kan penasaran haha

    Tapi ya kalau lihat orang² posting di point cukul, duh mupeng. Bagus banget pemandangannya, apalagi sunrisenya

    • Rara

      Pangalengan emang bagus sih untuk dikunjungi bersama keluarga, tapi kayanya kalau datang bersama bocah, rumah pengabdi setan tidak begitu direkomendasikan gasih

  • Beni

    Wah, seru nih. Kalo lihat postingan teman-teman, bagus sih tempatnya, ijo-ijo sejuk juga. Ada rencana mau ikut OT bareng BPJ nanti.

  • Lalaysf

    Aaaaa waktu kubbu ke sini aku ndak ikut. Mesti adain lagi dong caca trip ke sini. Aku penasaran rumah si ibu!

    • Lenifey

      Sunrise point cukul emang kece banget sih kudu banget kesana kalo ke pengalengan memang. Wah jadi penasaran yang wayang windu

  • Muhamad Prasetyo

    Memang semenarik itu yah rumah pengabdi setan ?
    karena kalau melihat dari filmnya kurang menarik sepertinya, cuma karena saya belum pernah kesana jadi saya belum tau

    • Suci Margi Pangesti

      Kl ke point cukul kayaknya aku masih mau. Soalnya pasti cantik banget tempatnya. Tp kl ke rumah pengabdi setan aku takut. Pernah foto sama ibuk (Ayu Laksmi) pas ada acara di Bentara Budaya Jakarta saja aku merinding

    • Tuty Prihartiny

      Keren nih, dalam sekali jalan, dapat mengunjungi 3 destinasi wisata penggalengan yang sungguh rancak banar !”. Sejak sunrise point cukul lanjut ke lokasi shooting Pengabdi Setan Rumah Ibu hingga wayang windu. Penasaran banget pengen langsung lihat ke sana. Atuh andai di tambah foto2…

  • Tuty Prihartiny

    Keren nih, dalam sekali jalan, dapat mengunjungi 3 destinasi wisata penggalengan yang sungguh rancak banar !”. Sejak sunrise point cukul lanjut ke lokasi shooting Pengabdi Setan Rumah Ibu hingga wayang windu. Penasaran banget pengen langsung lihat ke sana. Atuh andai di tambah foto2…

  • hallowulandari

    samaan nih kitaaa! ga berani sama yang horor horor! beneran deh klo masuk-masuk ke wisata yang horor kaya rumah ibu udah spooky duluan huhu

  • Anonim

    Aku pernah ke cukul, tar pengen nulis ini juga hehe, tp belum pernah kerumah pengabdi setan, takut ah bisa kebayang2 ampe rumah

  • Moses Adrian

    Duh jadi pengen buka trip Pangalengan, terutama ke Rumah Ibu krn belum pernah. Ayo jadi partner CPkuh

  • Ning!

    Aku juga penakut ca, nonton film pengabdi setan aja nggak berani. Apalagi berkunjung ke lokasinya. Suka parno aku tuh, kebayang-bayang setannya tiba-tiba muncul kalau abis nonton film horror, haha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!