Kawa Daun, Minuman Tradisional yang Bisa Cegah 2 Penyakit Bahaya di Sekitar Kita

Masih ingat, aku nulis tentang Teh Talua? Kali ini sama, aku mau cerita Kawa Daun, minuman tradisional yang bisa mencegah 2 penyakit bahaya di sekitar kita. Sama-sama minuman tradisional dari Minangkabau, kaya akan manfaat.

Kamu yang suka banget minum kopi, udah tau apa manfaat daun kopi?

Dikenal dengan sebutan Daun Kawa, Daun kopi adalah bagian dari tumbuhan kopi yang jarang dimanfaatkan dan terkadang hanya menjadi limbah. Namun di Indonesia ga gitu, sejak zaman penjajahan Belanda terutama di Tanah Datar, Sumatera Barat, daun kawa sudah diracik menjadi minuman khas tradisional, yaitu Kawa Daun.

Proses Pembuatan

Cara pembuatan nya gampang banget dan masih menggunakan cara tradisional.

Awali dengan mengeringkan daun-daun kopi. Sangrai di atas perapian kurang lebih 12 jam lamanya.  Jika sudah kering, daun kopi dicampur dengan air dingin dan diseduh hingga mendidih.

Setelahnya? Hanya tinggal disajikan kok. Ini yang sering disebut dengan Kawa Original. Kalo kamu yang suka manis, biasanya bisa dicampur dengan susu. Aku tim yang suka dicampur dengan susu.

Nah, yang lebih menarik. Penyajian dari minuman ini justru bukan dengan gelas cantik. Penyajian Kawa daun yang sudah matang adalah dengan cara dituang ke dalam wadah yang terbuat dari tempurung kelapa.

Jika sudah dituang, si Aia Kawa sudah bisa dinikmati.

kawa daun

Aia Kawa, Bermanfaat Untuk Kesehatan

Penyakit berbahaya versi aku adalah Jantung dan Diabetes. Kenapa?

Aku suka yang manis-manis dan suka jantungan kalau dia jalan sama yang lain. LOL . Bukan gitu ya.

Jantung dan Diabetes adalah dua penyakit yang menurut aku sangat dekat dengan kita. Kabar bahagia sekali jika minuman minuman ini, eh, bisa sekaligus mencegah diabetes dan jantung.

Hasil penelitian di Inggris tahun 2014, menemukan bahwa air kawa daun lebih sehat ketimbang teh dan kopi biasanya. Menurut para ilmuwan dari Royal Botanic Gardens  di Kew London, dan Joint Research Unit for Crop Diversity, Adaptation and Development  di Montpellier, kawa daun mengandung senyawa yang bermanfaat mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes seperti Antioksidan.

Kawa Daun Menekan Diabetes

Kawa daun dapat menurunkan kadar insulin dan mencegah diabetes. Dengan mengkonsumsinya kamu bisa menyeimbangkan gula darah tanpa menaikkan detak jantung .

Kawa Daun menurunkan risiko penyakit Jantung

Kawa daun cegah masalah kardiovaskular dan penyakit jantung. Tingginya tingkat mangiferin dapat menurunkan tekanan darah.

Manfaat lainnya, meminum daun kawa ini dapat mengobati sakit maag, dan juga bisa untuk beberapa penyakit lainnya, seperti:

Minuman Anti-Inflamasi

Mangiferin yang sangat tinggi dari kawa daun bersifat antiinflamasi dan bisa membantu meringankan rasa sakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mangiferin yang dikandungnya juga dapat mengurangi risiko diabetes, kolestrerol darah, hipertensi dan melindungi neuron di otak.

Ahli nutrisi di Eropa, menganalisis 23 spesies tanaman kopi dan menemukan banyak manfaat kesehatan di dalam daun kopi, salah satunya kandungan anti oksidan pada daun kopi lebih tinggi dari teh hitam dan teh hijau. Bahkan menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Annals of Botany, menunjukkan bahwa daun kopi mengandung antioksidan paling tinggi. Lebih tinggi daripada yang ditemukan dalam teh atau kopi tradisional.

Menghancurkan radikal bebas

Kawa daun memiliki kadar antioksidan 17% lebih banyak dari pada teh hijau sekalipun. Kawa daun baik sekali jika digunakan untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.  Sehat berasa semakin mudah yaa dengan kawan daun,

Kawa Daun Melancarkan Saluran Pernafasan

Kawa daun ini dapat melancarkan saluran pernafasan bagi penderita sesak nafas. Jika kamu merasa sesak nafas kamu kambuh, coba deh minta seduhan daun kopi dicampur dengan jahe. Insyaallah akan membantu lebih baik.

Gimana? Sudah tertarik nyobain sensasi minuman tradisional yang satu ini? Kapan lagi, kamu nyobain minuman tradisional, kaya manfaat. Kalau keseringan, jadi sehat kaaan??

Jalan-jalan ke Ranah Minang, mampir aja ke salah satu warung kopi yang ada. Kamu bisa bilang, “Pasan kopi kawa ciek yo, da !!!”

Lalu tunggu aja, Kawa Daun dengan mangkok tempurung kelapa akan tersedia di meja.

Untuk di Jakarta, kamu bisa temukan minuman ini di cafe-cafe khusus menjual makanan khas minangkabau.

38 Komentar

  • Ratna Farida

    Wah aku baru tahu ada minuman sejenis ini tapi jauh ya adanya di Minang.

    Bermanfaat sekali tulisannya, kebetulan ada saudara mengidap diabetes bisa buat aku refrensi untuk minuman ini. Pembuatannya pun mudah, hanya saja mencari daun kopi yang rada sulit untuk di daerah yang bukan perkebunan.

    Ternyata khasiatnya banyak juga ya.

      • Tuty prihartiny

        Keren kak Chacha mengangkat tulisan mengenai minuman tradisional tanah minang yang dapat menjaga kesehatan. Apalagi khasiat Kawa Daun yang dapat mencegah penyakit jantung dan diabetes. Berkhasiat juga sebagai anti inglamasi.. etc…etc. Semoga semakin banyak yang merasakan khasiat minuman ini ya kak…Terimakasih

    • Putri Reno

      Sewaktu kecil datuak seringnya bikin kopi talua kak. Aku suka curi2 minum hihi. Teh talua dan kopi kawa aku baru tau sejak ada kedai kopi bernuansa minang.

      Senang juga rasanya tau kalau kopi kawa ini banyak manfaat untuk tubuh. Wajib dalam list yg perlu di coba nih.

    • Puspa Harahap

      Aku baru tau daun kawa. Dan baru tau lagi kalo itu adalah daun kopi haha.. info yang sangat berguna kak. Makasih udh share 😁

  • feMz

    menurut cerita sebenarnya bisa ada KAwa DAun karena orang Indonesia miskin, tidka mampu membeli biji kopi. Biji kopi diambil/dijual ke penjajah, sedangkan pribumi hanya dapat sisanya yaitu daunnya. karena kreatif ya jadi deh kawa daun. rasa kopi sensasi minum teh ahaha..

    bdw, di Jakarta bisa ditemukan dmn ya?

  • Mrs.kingdom17

    Daun Kawa itu istilah lain dari daun kopi ya kak El? Khasiatnya banyak banget, tp rasanya pahit ya… Trs kalo dicampur susu khasiatnya berkurang ga?

  • penceritadunia.com

    Dulu waktu pertama kali nyoba, gak nyangka kalau ternyata kopi kawa ini terbuat dari daun kopi. Cara penyajiannya juga unik, apalagi yg pakai telor mentah

  • Lidya

    Namanya asing di telingaku nih mbak, daun kawa. Ternyata daun kawa bis adijadikan minuman tradisional ya, aku belum pernah nyicipi. Proses pembuatannya mirip kopi ya disanggrai dulu, cuma bedanya ini yang disanggrai daunnya.
    Googling ah siap tau ada di online shop

  • nia devy

    Sumpaaahhh aku baru tahu, minuman tradisional yang baik untuk kesehatan dan banyak banget manfaatnya.
    Asli penasaran pengen coba langsung. Nanti ambo pasan kopi kawa ciek yo uda uni.
    Thanks ka ulasannya.

  • airin

    Indinesia memang kaya banget sama beragam tumbuhan di tiap daerahnya. Malah ada yang sudah menemukan tanaman yang bisa mengobati kanker. Daunnya ada di pedalaman Kalimantan. Dapat penghargaan internasional juga. mantab sekali. Sharing manfaat tanaman ini masih kurang banyak.

  • Nur Husna Annisa

    Kayaknya hampir semua minuman trandisional memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan ya. Nggak kayak minuman modern yang sebagian besar jika dikonsumsi dalam jangka panjang akan menimbulkan efek samping pada tubuh

  • Cha

    Kaya gimana tuh ka daun kopi/kawa daum, perlu di coba nih… Buat mencegah radikal bebas terutama penting banget, nice share ka

  • Selly

    Jadi pengen nyobain, nyarinya di cafe-cafe minangkabau ya?
    Ini kalo di tambah madu, mempengaruhu kasiatnya ga ka? Hehehehhe

  • Mrs.kingdom17

    Owh Kawa daun itu nama lain dr daun kopi ya. Pembuatannya sederhana dan pnya banyak khasiat. Tapi kayaknya rasanya pahit ya mba…

  • Dian Restu Agustina

    Aku baru tahu ada Kawa Daun ini.
    Manfaatnya banyak ya..dan aku enggak tahu juga apakah di kampungku di Kediri sana di mana daerah tertentu masih ditanami kopi ada minuman seperti ini.
    Jadi pengin coba juga. Semoga bisa icip di Jakarta

    • Elsa Martina Lova

      Kalo cerita sebenarnya, ini karena jaman duluuuuu banget masa penjajahan daerah itu ga bisa kak minum kopi. kopi itu hanya milik si para kalangan atas. mereka inistiaf membuat sebuah minuman juga untuk mereka minum. ini olahan mereka dari daun kopi yang biasanya selalu dibuang. karena ga ada yang bikin di daerah lain, makanya bisa jadi khas daerah kak. haha

  • Lisa Fransisca

    Wah bisa buat antioksidan ya. Kapan-kapan bisa nyobain nih daun kawa kalau manfaatnya banyak gini.
    Thanks infonya, Kak Cacha.

  • Kartini

    Sekarang ini orang2 kita bagaikan kembali ke zaman dahulu yaa. Kembali ke herbal.. pernah ada kalanya apa2 minum obat dokter, padahal obatnya bisa dari alam yaa kak.
    Ini penting banget loh, sebelumnya aku ga tau.. karena mencegah lebih baik ketimbang mengobati.

  • Ichsan Pratama

    Pernah denger sih untuk daun kopi bisa dijadikan minuman, tapi baru tau kalau manfaatnya buat pencegahan penyakit jantung dan pengobatan sakit diabetes. Mba sharing dong judul jurnal penelitiannya, dan bagusnya sih besok ada tulisan baru khusus yang diabetes gimana sih takaran konsumsinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!